• Kontak Kami
  • Hotline : 0895373599370
  • SMS : 0895373599370
  • BBM : D6490826

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfaat Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

Diposting pada 18 October 2016 oleh admin

Manfaat Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak – Apakah Anda hobi membaca buku ? Jika iya, selamat, berarti Anda termasuk orang-orang yang beruntung memiliki hobi tersebut. Kenapa? Karena ternyata membaca memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan otak Anda.

 

baca

Selain menambah wawasan, membaca buku juga mampu membuat otak selalu aktif setiap waktu. Tidak peduli apapun jenis bacaan Anda, seperti novel, surat kabar, majalah atau ensiklopedia. Manfaat membaca buku lainnya yaitu mampu memberikan hiburan dan sarana refreshing bagi sebagian orang.

Namun di jaman yang serba canggih ini, kebiasaan membaca buku sepertinya sudah mulai berkurang, terutama di masyarakat kita. Orang-orang mulai sibuk dengan gadget mereka sendiri.

Nah, bagi Anda yang mungkin merasa malas-malasan untuk membaca buku, sebaiknya pikirkan lagi. Cobalah meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukan Anda. Karena dengan membaca buku, akan memberikan Anda banyak sekali manfaat. Terutama untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan otak Anda.

Manfaat apa saja yang Anda dapat dari membaca buku, terutama untuk otak Anda?

5 Manfaat Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfaat Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

1. Menjaga Keremajaan Otak

Sebuah studi terbaru dari Rush University Medical Center mengungkapkan, bahwa ‘membenamkan’ diri di dalam buku-buku yang bagus dan berkualitas benar-benar dapat memperpanjang umur pikiran Anda.

Ditegaskan pula bahwa orang dewasa yang menghabiskan waktu luang mereka dengan melakukan kegiatan kreatif atau intelektual (seperti membaca) memiliki kemungkinan 32 % lebih lambat mengalami penurunan kognitif di kemudian hari daripada mereka yang tidak. Yang artinya bahwa mereka lebih rendah kemungkinannya mengalami pikun.

2. Memberikan Kekuatan Bagi Memori

Kebiasaan Anda membaca buku, dapat memacu otak Anda berpikir dan berkosentrasi. Membaca buku memberikan jenis latihan yang berbeda bagi otak Anda bila dibandingkan saat Anda menonton TV atau mendengarkan radio.

Karena pada saat membaca buku, memahami halaman per halamannya, akan mampu meningkatkan kemampuan otak lainnya. Seperti kemampuan berimajinasi, kemampuan bahasa dan pembelajaran asosiatif secara bersamaan.

3. Meningkatkan Kemampuan Analisa Anda

Bagi Anda yang menyukai buku-buku fiksi dan sering membacanya, mungkin pernah mengalami seperti ini. Di saat Anda membacanya, saat Anda mengikuti alur cerita dalam buku tersebut, Anda mulai menebak-nebak akhir ceritanya atau apa yang terjadi selanjutnya. Jika tebakkan Anda tepat, maka kemampuan analisa otak Anda telah benar-benar terasah.

Tidak hanya itu, saat Anda membaca novel fiksi, Anda secara tidak sadar sudah merangsang otak Anda untuk menganalisis masuk akal tidaknya plot atau alur certia di dalam novel yang Anda baca.

4. Memberikan Anda Tambahan Kosakata Baru

Orang-orang yang pandai berbicara dan memiliki banyak sekali kosakata yang dikeluarkan saat berbicara adalah orang-orang yang gemar membaca. Dengan rutin membaca buku, perlahan tapi pasti kosakata yang kita milikipun akan bertambah. Karena di dalam buku yang kita baca, buku apapun, selalu mengandung kosakata yang luas. Apalagi jika buku yang kita baca jumlahnya banyak dan beragam jenisnya.

5. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Anda

Membaca buku bermanfaat pula dalam meningkatkan kosentrasi dan fokus Anda. Saat Anda membaca sebuah buku, semua perhatian akan terpusat pada cerita atau isi di dalam buku tersebut. Semua pikiran Anda akan terkonsentrasi pada setiap detail cerita atau isi yang sedang berusaha Anda pahami.

Bisa Anda coba untuk membaca buku selama 15-20 menit sebelum memulai pekerjaan Anda. Anda akan sedikit demi sedikit mulai merasakan Anda lebih fokus dan lebih mudah berkonsentrasi dari sebelumnya.

Selain manfaat membaca buku untuk meningkatkan kemampuan otak, ada beberapa manfaat lainnya dari membaca buku, seperti :

  • Manfaat Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak
  • Menghilangkan stres
  • Ketenangan yang Anda dapatkan dari membaca buku dapat mengurangi tingkat stress atau depresi yang sedang Anda alami. Apalagi jika yang Anda baca adalah buku-buku fiksi, humor, atau buku favorti Anda. Selain itu, buku-buku spiritual dan motivasi juga mampu mengembalikkan semangat Anda.
  • Menjauhkan risiko penyakit
  • Aktivitas kognitif seperti membaca, merupakan latihan otak yang terbaik untuk mencegah degenerasi kognitif pada otak. Karena di saat membaca, otak akan dirangsang, dan stimulasi (rangsangan) secara teratur mampu membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer.
  • Itu tadi Pentingnya Manfaat Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak. Banyak sekali bukan manfaat yang kita dapat dari membaca?

[sumber]

Bagikan informasi tentang Manfaat Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak | Buku Kamu.com | Toko Buku Online – Cara Mudah Beli Buku

Belum ada komentar untuk Manfaat Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 20%
Rp 41.600 Rp 52.000
Ready Stock / MED508
OFF 20%
Rp 52.000 Rp 65.000
Ready Stock / GAG514

BukuKamu [dot] com Office

CINERE RESIDENCE
Limo, Depok, Jawa Barat
Indonesia (16915)

Hubungi Kami:
Call or SMS : +62895373599370
WattsApp : +62895373599370
BBM : D6490826
E-mail : bukukamu@yahoo.com
Website : www.bukukamu.com

Tentang Kami

BukuKamu[dot]com adalah toko buku online yang menyediakan berbagai jenis buku yang anda cari. Buku agama, agribisnis, bahasa, buku anak dan remaja, buku penunjang pelajaran, novel, buku impor, buku teks, ekonomi dan manajemen, hobi dan interest, hukum, kesehatan dan lingkungan, kewanitaan, komputer, parenting, pengembangan diri, psikologi, dan sosial politik.
SIDEBAR