• Kontak Kami
  • Hotline : 0895373599370
  • SMS : 0895373599370
  • BBM : D6490826

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Internet Mendukung Perkembangan Buku Cetak

Internet Mendukung Perkembangan Buku Cetak

Diposting pada 18 October 2016 oleh admin

Dunia perbukuan selalu perlu mendapat perhatian. Dan salahsatunya ialah mencatat perkembangan masa kini. Di era internet yang telah membuka lapangan yang luas untuk kegiatan literasi masyarakat, terutama ketika ponsel dan internet terintegrasi, saat ini literatur dengan mudah dibaca oleh masyarakat. Sekalipun masih terbatas di kalangan kelas menengah perkotaan, namun harus diakui paling tidak minat baca kita tinggi. Apakah kemudian buku-buku ditinggalkan masyarakat?

nuansa_buku

Dalam sebuah  acara diskusi perbukuan ada  pendapat dari  seorang pendiri Penerbit Mizan Grup, Dr. Haidar Baqir. Ia menyatakan bahwa buku masih sangat diminati oleh masyarakat karena Indonesia ini masih dalam masa transisi yang tanggung. “Masih ada generasi yang hidup di era antara, yaitu antara off-line, pra internet yang gemar buku, dan era online di mana mereka hidup langsung menikmati informasi melalui internet,” ujarnya saat menyampaikan presentasi “Prospek Bisnis Penerbitan Buku Islam di Era Teknologi Informasi”, di Kantor Ikatan Penerbit Indonesia Jawa Barat, (14/7/2014), Jl. Ibu Inggit Garnasih No. 30, Bandung.

Menurut Haidar, buku-buku cetak tidak langsung mati, bahkan masih tetap berkembang karena setidaknya ada tiga faktor. Pertama, generasi pra-internet lebih merasakan kesukaan membaca buku ketimbang online. Kedua, tidak semua yang ada dalam buku ditemukan melalui online, termasuk e-book. Ketiga, akses pengetahuan melalui online rata-rata ingin gratis.

Oleh karena itu, di masa sekarang ini Haidar melihat buku masih memiliki peluang bagus. “Internet itu tidak membenturkan antara buku dengan digital, tetapi justru saling melengkapi. Misalnya orang Kalimantan yang tadinya sulit mendapatkan buku dari toko, justru semakin dimudahkan oleh transaksi online,” ujarnya.

Sementara itu, Faiz Manshur, Pemimpin Redaksi Penerbit Nuansa Cendekia Bandung juga melihat masih pentingnya penerbit bergerak serius dalam perbukuan. “Buku memiliki nilai lebih ketimbang sekadar informasi. Sekalipun masyarakat kita masih kecil dalam urusan minat baca, tetapi kebutuhan buku tak susut, bahkan masih terus memiliki daya tarik. Hal ini disebabkan orang memilih buku karena tujuannya menggali ilmu-pengetahuan yang memiliki bobot, sementara di internet lebih pada akses informasi. Jadi ini sesuatu yang berbeda dan internet belum menggeser dunia buku,” paparnya kepada penulis, 7 Agustus 2014 lalu.

Menurut Faiz Manshur, buku dan internet bukan sesuatu yang berdiri secara diametral, melainkan saling melengkapi. Internet menyatukan lebih dekat hubungan antara penerbit dan pembaca, termasuk penulis. “Jika terjadi sepinya pembeli, itu lebih pada faktor karena antara jumlah buku yang terbit dengan peminat baca tidak seimbang,” jelasnya.

Selain masalah potensi buku, Faiz Manshur juga menyampaikan bahwa sekarang ini kita kekurangan naskah yang bermutu dari penulis Indonesia. Banyak buku terbit tetapi ditulis secara instan dan kurang serius. Riset data dari para penulis makin minim. Kalaupun ada buku-buku serius rata-rata dari penulis yang sekaligus berprofesi sebagai peneliti. “Itulah kenapa buku-buku fiksi popular lebih laku jual ketimbang buku ilmiah. Rata-rata buku ilmiah kebanyakan masih didominasi karya peneliti asing atau peneliti Indonesia di era 10 tahun ke belakang. Kita butuh buku yang bermutu,” pesannya.

Di luar ini, agar para penulis lebih cepat menerbitkan buku, Faiz Manshur menyarankan agar para penulis lebih komunikatif berhubungan dengan bagian redaksi karena selama ini naskah-naskah membutuhkan pengolahan ulang, bahkan rombak total. Menurutnya, hal itu harus dilakukan secara bersama antara penulis dan redaksi di bagian penerbit. “ Dengan cara itu, setiap naskah juga bisa memiliki daya pikat untuk konsumen sehingga dikotomi antara buku “bermutu tapi tidak laku” versus “buku tidak bermutu lebih laku” tidak terjadi. [sumber]

Bagikan informasi tentang Internet Mendukung Perkembangan Buku Cetak kepada teman atau kerabat Anda.

Internet Mendukung Perkembangan Buku Cetak | Buku Kamu.com | Toko Buku Online – Cara Mudah Beli Buku

Belum ada komentar untuk Internet Mendukung Perkembangan Buku Cetak

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 150.000
Ready Stock / ESN502
Rp 48.000
Ready Stock / EMR504
OFF 15%
Rp 55.250 Rp 65.000
Ready Stock / GAG504

BukuKamu [dot] com Office

CINERE RESIDENCE
Limo, Depok, Jawa Barat
Indonesia (16915)

Hubungi Kami:
Call or SMS : +62895373599370
WattsApp : +62895373599370
BBM : D6490826
E-mail : bukukamu@yahoo.com
Website : www.bukukamu.com

Tentang Kami

BukuKamu[dot]com adalah toko buku online yang menyediakan berbagai jenis buku yang anda cari. Buku agama, agribisnis, bahasa, buku anak dan remaja, buku penunjang pelajaran, novel, buku impor, buku teks, ekonomi dan manajemen, hobi dan interest, hukum, kesehatan dan lingkungan, kewanitaan, komputer, parenting, pengembangan diri, psikologi, dan sosial politik.
SIDEBAR